Selasa, 14 Desember 2010

PERUBAHAN SOSIAL

PERUBAHAN SOSIAL
Perubahan sosial



Dampak perubahan masyarakat dari perubahan social.

A. perilaku yang tumbuh dari adanya perubahan sosial
Dampak perilaku disini lebih menekankan pada apa yang disebut sebagai perilaku yang di lakukan oleh masyarakat dengan adanaya perubahan social.
Dampak positif dari perubahan social yang terjadi di masyarakat:
1. modernisasi.
merupakan suatu proses perubahan social dimana masyarakat yang sedang memperbarui dirinya berusaha mendapatkan cirri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern (perubahan dalam bidang teknologi).
Dampak dari modernisasi adalah
2. Globalisasi
Suatu nilai yang mendasarkan pada hubungan antar bangsa atau antar manusia dimana terdapat suatu sstem ekonomi dan budaya global yang menuntut masyarakat untuk menjadi manusia tunggal yang global.
3. Demokratisasi
Paham atau sikap masyarakat yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.
Dampak negative dari perubahan social yang terjadi di masyarakat :
a. westernisasi adalah proses pengambil alihan unsure budaya barat sebagai mana adanya tanpa seleksi atau proses peniruan perilaku seperti yang dilakukan orang-orang barat.
b. Sekulerisasi adalah suatu pandangan tentang pemisahan antara nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai kepentingan duniawi dengan penekanan pada kepentingan duniawi.
c. Konsumerisme adalah suatu paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan dan cenderung pada gaya hidup yang tidak hemat.
d. Hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup

B. Penyesuaian masyarakat terhadap perubahan social :
1. Adjustment
Keadaan dimana suatu maysarakat mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat contoh : orang-orang yang melakukan urbanisasi
2. Maladjustment
Keadaan dimana suatu masyarakat tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.
Contoh : orang-orang badui
3. Disintegrasi
Merupakan suatu sikap yang menggambarkan adanya ketidaksesuaian dan ketidakselarasan di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan social.
Disintegrasi terjadi manakala dalam suatu system atau organisasi terjadi ketidak cocokan antar bagian-bagian atau elemen-elemen tertentu sehingga menimbulkan tercerai berainya suatu system yang ada.
Contoh : perseteruan antara KPK dan Kapolda
4. Reintegrasi
Merupakan suatu proses pembentukan norma dan nilai-nilai baru untuk menyesuaikan diri dengan lembaga kemasyarakaan yang mengalami perubahan. (ada proses adaptasi dari bagian-bagian organisasi atau masyarakat terhadap konsep organisasi baru)
Contoh : adanya revormasi menjadikan masyarakat untuk bisa hidup mandiri dan berperan aktiv dalam pengawasan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
C. Timbulnya Gejala social
1. Anomie
Suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak mempunyai pegangan apapun dalam menjalani kehidupan. Nilai-nilai yang sudah ada mulai luntur bahkan hilang sama sekali.
2. Culture Shock (Kegoncangan budaya)
Keadaan dimana seseorang atau masyarakat tidak siap menerima kebudayaan baru yang sifatnya asing dan yang tiba-tiba datang.
3. Culture Lag (kegoncangan budaya)
Kondisi dimana salah satu komponen budaya tidak bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan komponen budaya lainnya yang sudah mengalami perubahan terlebih dahulu. Conto: transmigrasi bedol desa ketika pembuatan waduk gajah mungkur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar