Minggu, 05 Desember 2010

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN JARINGAN INTERNET DENGAN JARINGAN SOSIOLOGI


A. PENGERTIAN JARINGAN INTERNET DAN ILMU SOSIOLOGI
Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan “Dunia di Genggaman Tangan Anda“, salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet. Sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai International Networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.
Lain halnya dengan pengertian tentang ilmu sosiologi. Sesungguhnya sosiologi berasal dari kata Latin “Socius” yang berarti kawan ( dapat juga diartikan sebagai pergaulan hidup manusia atau masyarakat), dan kata Yunani “Logos” berarti kata atau pembicaraan sehingga akhirnya berarti Ilmu. Jadi secara sederhana ilmu sosiologi adalah suatu ilmu yang berbicara mengenai masyarakat. Pada awalnya sosiologi merupakan bagian dari filsafah social yang jujga membahas masyarakat. Hanya saja, pada saat itu sosiologi belum memiliki satu metode ilmiah yang berdiri sendiri. Baru pada abad ke- 19, Auguste Comte memelopori lahirnya sosiologi sabagai ilmu yang berdiri sendiri. Ia adalah orang yang pertama kali memakai kata “sosiologi”. Sosiologi baru berkembang menjadi ilmu setelah Emile Durkheim mengembangkan metodologi sosiologi.
B. PERSAMAAN JARINGAN INTERNET DENGAN JARINGAN ILMU SOSIOLOGI
Jika berbicara mengenai persamaan jaringan internet dengan jaringan ilmu sosiologi, pasti ada kaintannya. Jaringan ilmu sosiologi menitikberatkan pada masyarakat dengan focus pada hubungan antar manusia dan proses yang terjadi dalam hubungan tersebut dalam masyarakat. Hampir sama halnya juga dengan jaringan internet, jaringan internet juga terfokus pada masyarakat. Semua kebutuhan mengenai hidup manusia sudah tersedia di internet, mulai dari pakaian yang dapat dibeli dengan online, alat – alat elektronik, makanan, dan lain sebagainya, terdapat dalam beberapa komunitas, ratusan bahkan ribuan atau malah jutaan yang menyediakan kebutuhan yang diinginkan. Semuanya itu ditujukan bagi semua kalangan masyarakat yang sedang mencari atau membutuhkan benda – benda atau barang – barang sesuai keinginan mereka. Jaringan internet dengan jaringan ilmu sosiologi sama –sama merupakan ilmu pengetahuan yang umum, bukan ilmu pengetahuan yang khusus, artinya kedua ilmu tersebut dapat dipelajari oleh siapa saja, dan kapanpun juga, karena keduannya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat luas. Jaringan internet obyeknya pada pengguna masyarakat, sedangkan jaringan ilmu sosiologi juga sudah berkembang sejak lama dikalangan masyarakat, intinya masyarakat adalah obyeknya. Kedua jaringan ini juga sama – sama mempunyai alat yang disebut komunikasi, hanya saja dalam jaringan internet alat komunikasi yang digunakan adalah masin – mesin atau alat yang dibuat khusus agar tercipta sebuah komunikasi tanpa langsung bertemu, sedangkan dalam jaringan ilmu sosiologi alat yang digunakan adalah bahasa.

C. PERBEDAAN JARINGAN INTERNET DENGAN JARINGAN ILMU SOSIOLOGI
Walaupun jaringan internet dengan jaringan ilmu sosiologi ini mempunyai persamaan, akan tetapi tidak dipungkiri juga terdapat perbedaan yang mencolok dikeduanya. Sebut saja dalam hal komunikasi, jaringan internet melakukan komunikasi dengan tanpa bertatap muka secara langsung, sedangkan dalam jaringan ilmu sosiologi diperlukan komunikasi secara langsung. Mungkin dalam jaringan internet dapat lebih efisien dikarenakan pengguna tidak harus pergi ke tempat yang dituju, sedangkan jaringan ilmu sosiologi harus melakukan pertemuan sacara langsung agar dapat mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Itu baru satu mengenai perbedaan jaringan internet dengan jaringan ilmu sosiologi, lainnya mengenai informasi pribadi. Dengan tanpa bertatap muka secara langsung, banyak pengguna di internet yang tertipu dalam hal membeli sesuatu misalnya, lain halnya dengan jaringan sosiologi yang langsung bertatap muka.
D. KESIMPULAN
Dapat disimpulkan mengenai persamaan dan perbedaan jaringan internet dengan jaringan ilmu sosiologi sebagai berikut. Dalam jaringan internet dapat lebih efisien dalam melakukan sesuatu untuk para pengguna masyarakat, sedangkan untuk jaringan ilmu sosiologi sendiri juga lebih menguntungkan karena bertatap muka secara langsung, menambah lebih akarap antar sesama. Jadi masyarakatlah sendiri yang memilih, apakah dengan jaringan internet atau jaringan ilmu sosiologi sesuai dengan kemampuan masyarakat sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar